Blog Archive

Tim Gurem Tahan Juara Bertahan Zambia


AFP PHOTO/ FRANCISCO LEONGPenyerang Ethiopia, Said Ahmed Saladin (kiri), menyesali kegagalannya mengeksekusi penalti ke gawang Zambia dalam laga pembuka Grup C Piala Afrika Afsel 2013 di Stadion Mbombela, Nelspruit, Senin (21/1/2013). Kedua tim akhirnya saling mengimbangi 1-1.

NELSPRUIT, KOMPAS.com - Tim gurem sekaliber Ethiopia mampu menahan Juara Afrika 2012 Zambia 1-1 dalam laga pembuka Piala Afrika Afsel 2013 Grup C di Stadion Mbombela, Senin (21/1/2013).

Ethiopia untuk pertama kalinya dalam 31 tahun tampil dalam putaran final Piala Afrika. Sementara Zambia tiba di Afrika Selatan berbekal kemenangan adu penalti 9-8 atas Uganda pada babak kualifikasi.

Kedua tim saling serang sejak peluit kick-off ditiupkan wasit E. Otogo-Castane.

Hingga pada menit ke-25, Otogo-Castane menunjuk titik putih, setelah bek Zambia Chisamba Lungu melanggar penyerang Ethiopia Said Saladin.

Namun, eksekusi yang dilakukan Saladin sendiri masih terbaca dengan mudah oleh kiper Zambia, Kennedy Mweene. Bola yang mengarah ke sebelah kanan, ditepis Mweene dan hanya menghasilkan lemparan ke dalam untuk Ethiopia.

Ironisnya, Waliya Antelopes --sebutan Ethiopia-- harus bertarung dengan 10 pemain pada menit ke-35, setelah kiper Jemal Tassew dikenai kartu merah langsung setelah melakukan pelanggaran profesional kepada Chisamba Lungu, yang tengah menguasai bola dalam sebuah serangan kilat Zambia.

Akhirnya, juara bertahan berhasil unggul lebih dulu pada injury time menit ketiga paruh pertama, setelah Collins Mbesuma mendapatkan bola liar di depan kotak penalti Ethiopia, melewati dua bek lawan, dan melesakkan bola dari jarak dekat. Skor 1-0 untuk Zambia bertahan hingga turun minum.

Meski kurang satu pemain, Ethiopia justru dapat menyengat pada menit ke-65. Adane Girma Gebreyes berhasil mendapatkan umpan brilian Saladin dan memperdaya Mweene dari jarak enam meter.

Hingga Otogo-Castane mengakhir pertandingan pada menit keempat injury time, kedudukan 1-1 tak berubah.

Praktis, Zambia dan Ethiopia sementara memimpin Grup C. Dua tim lainnya, Nigeria dan Burkina Faso, bakal turun gelanggang sejam setelah laga Zambia kontra Ethiopia berakhir.

 

0 komentar:

Posting Komentar