Blog Archive

"Lincoln" Raih 12 Nominasi Oscar


Aktor Daniel Day-Lewis saat memerankan Presiden Amerika Abraham Lincoln

LOS ANGELES, KOMPAS.com -- Film Lincoln yang mengisahkan usaha Presiden AS ke-16, Abraham Lincoln, menghapus perbudakan selama perang saudara, memimpin nominasi penghargaan Oscar dengan 12 nominasi, termasuk untuk kategori Film Terbaik. 

Perolehan nominasi terbanyak diikuti oleh film Life of Pi, karya sutradara Ang Lee yang ceritanya diangkat berdasarkan karya novel Yann Martel dengan memperoleh 11 nominasi. Kedua film tersebut akan berebut tempat di kategori bergengsi sebagai Film Terbaik, bersama film musikal Les Miserables, drama sandera Iran Argo, drama Prancis Amour, thriller Zero Dark Thirty yang mengisahkan perburuan Osama bin Laden, komedi Silver Linings Playbook, film arahan Quentin Tarantino Django Unchained, dan film mitos indie Beasts of the Southern Wild. 

Selain kategori Film Terbaik, Lincoln juga mengantarkan Spielberg sebagai unggulan di kategori Sutradara Terbaik, Aktor Terbaik untuk Daniel Day-Lewis lewat perannya sebagai Presiden Amerika dan Tommy Lee Jones untuk kategori Aktor Pendukung Terbaik. Sebelumnya, Lincoln juga meraih banyak nominasi di ajang bergengsi Golden Globes dengan tujuh kategori. Mengumpulkan nominasi teratas di ajang Screen Actors Guild, Directors Guild of America dan BAFTA Awards. 

Persaingan ketat akan pula berlaku di kategori Sutradara Terbaik. Spielberg akan bersaing ketat dengan unggulan lainnya, yakni Lee (Life of Pi), Michael Haneke (Amour), Benh Zeitlin (Beasts of the Southern Wild) dan David O. Russell (Silver Linings Playbook)

Bagi Spielberg dan Ang Lee, kemenangan pada Oscar kali ini akan mencatat sejarah tersendiri. Keduanya, sama-sama pernah menyabet penghargaan di ajang serupa. Lee pernah dinobatkan sebagai peraih Oscar lewat filmnya Crouching Tiger, Hidden Dragon (2001) dan meraih Sutradara Terbaik untuk Brokeback Mountain (2006). Sementara Spielberg pernah berjaya lewat film Schindler's List (1993) dan Saving Private Ryan (1999). 

Oscar diberikan oleh Academy of Motion Picture Arts and Sciences, dan para pemenang Oscar tahun ini akan diumumkan dalam satu seremoni yang digelar di Hollywood pada 24 Februari.

0 komentar:

Posting Komentar