Blog Archive

Kahn: Pep Perlu Waktu untuk Sukses di Bayern


AFP PHOTO / LLUIS GENEPep Guardiola.

BERLIN, KOMPAS.com - Legenda sepak bola Jerman menilai pelatih Josep "Pep" Guardiola perlu waktu untuk meraih sukses sebagai pelatih Bayern Muenchen.

Pep akan melatih Bayern pada Juli mendatang. Bayern akan menjadi klub kedua yang dilatihnya, setelah Barcelona.

Pada Januari lalu, Pep mengatakan, ia akan melatih klub barunya sesuai apa yang dilakukannya di Barcelona.

"Guardiola mempromosikan pemain dari level yunior ke profesional. Namun, para pemain Bayern tak memiliki kemampuan beradaptasi secara otomatis seperti Barcelona," ujar Kahn.

"Ia perlu waktu untuk menanamkan sistemnya. Tak seperti (mantan pelatih Bayern) Louis van Gaal yang punya gagasan tunggal yaitu meraih hasil akhir, Guardiola memiliki sistem yang lebih fleksibel, dengan penguasaan bola sebagai faktor penting."

"Setiap orang yang tak ingin berpartisipasi dalam pergerakan kolektif akan kesulitan menyesuaikan diri dengan sistemnya. Misalnya, salah satu keberhasilannya adalah menjadikan Lionel Messi sebagai 'nomor sembilan palsu', tetapi menarik untuk ditunggu apakah Bayern bisa bermain seperti itu pada masa mendatang."

"Guardiola dan Direktur Olahraga Matthias Sammer harus mengembangkan dan menerapkan filosofi yang tetap. Hal itu merupakan faktor yang menentukan dalam persaingan untuk menjadi tim terbaik di Eropa," tuturnya.

 

0 komentar:

Posting Komentar