Blog Archive

Bale Borong Gol, Tottenham Gusur Chelsea


AFP PHOTO/GLYN KIRK Gelandang serang Tottenham Hotspurs dari Wales, Gareth Bale (kiri), berebut bola melawan bek West Ham United dari Selandia Baru, Winston Reid (kanan), dalam laga pekan ke-27 Premier League di Stadion Boleyn Ground, Upton Park, London timur, Senin (25/2/2013).

LONDON, KOMPAS.com — Gareth Bale tampil gemilang dalam laga pekan ke-27 Premier League, Senin atau Selasa (26/2/2013) dini hari WIB. Dua gol pemain Wales itu mengantarkan kemenangan 3-2 Tottenham Hotspur atas tuan rumah West Ham United.

The Hammers langsung menyengat saat laga baru berjalan empat menit. Sepakan keras Mohamed Diame melejit ke sasaran, tetapi masih dapat digagalkan kiper Tottenham, Hugo Lloris.

Semenit kemudian, giliran Spurs yang mendapatkan peluang. Umpan sodoran Mousa Dembele membuat Gareth Bale memiliki kesempatan melepas tembakan kaki kiri dari luar kotak penalti The Hammers. Namun, tak berhasil menuju target karena bola menyamping ke sebelah kiri jala kawalan Jussi Jaaskelainen.

Upaya Tottenham baru berbuah pada menit ke-13. Kali ini, Bale sukses membuka keran gol di Stadion, Boleyn Ground, Upton Park, London timur, ketika lesatan tendangan kaki kirinya menghunjam ke pojok kanan bawah jala Jaaskelainen.

West Ham berusaha membalas pada menit ke-19. Umpan tarik Joe Cole nyaris dimaksimalkan Andy Carroll dengan tandukan, tetapi bola masih menyamping ke kanan gawang Spurs.

Usaha Carroll baru berbuah pada menit ke-25. Setelah dilanggar Scott Parker di kotak terlarang Tottenham, pemain pinjaman dari Liverpool itu sukses melesakkan bola ke tengah atas yang gagal diantisipasi Lloris yang telanjur bergerak ke sebelah kiri.

Hingga peluit turun minum ditiupkan wasit Howard Webb, skor 1-1 bertahan.

Pada babak kedua, West Ham mengambil kendali berkat umpan cerdik Joey O'Brien membuat Cole terbebas di kotak penalti raksasa London utara. Dengan membalikkan badan, eks penggawa Liverpool dan Chelsea itu melepas tembakan yang gagal ditahan Lloris. Namun, Cole dihadiahi kartu kuning setelah meluapkan kegembiraannya dengan melepas kostum tim.

Pada menit ke-67, Spurs berusaha mengimpaskan keadaan. Dengan diarsiteki Parker, Gylfi Sigurdsson mencoba melepaskan tembakan kaki kanan dari sudut kiri kotak penalti lawan. Namun, bola masih dapat ditahan Jaaskelainen.

Kerja keras Sigurdsson baru berbuah maksimal pada menit ke-76, setelah sepakan bebas Steven Caulker menghasilkan kemelut di depan gawang West Ham. Bola liar pun berhasil dimanfaatkan Sigurdsson menjadi gol kedua Spurs.

Pada menit ke-90, Bale memastikan kemenangan The Lilywhites dengan indah. Sepakan dari jarak 25 meternya melampaui jangkauan Jaaskelainen dan melesak ke sudut jala West Ham. Itu merupakan suntingan ke-15 Bale di Premier League musim ini.

Hingga Webb meniupkan peluit panjang, Tottenham keluar dari Boleyn Ground dengan membawa pulang tiga poin. Kemenangan itu melejitkan posisi Spurs ke peringkat ketiga, sekaligus menggusur Chelsea. Kini, armada Andre Villas-Boas menghimpun 51 poin dan unggul dua angka dari The Blues. Dengan Arsenal, seteru sekawasan Spurs, kedua tim berselisih empat angka.

Di lain pihak, West Ham turun setingkat ke peringkat ke-14, tetap dengan koleksi 30 angka. Posisi The Hammers dilampaui Newcastle United. Raihan poin dan selisih gol kedua tim sama, tetapi The Magpies unggul agresivitas gol.

Susunan Pemain
West Ham:
22-Jussi Jaaskelainen; 2-Winston Reid, 17-Joey O'Brien, 19-James Collins, 20-Guy Demel; 4-Kevin Nolan (14-Matthew Taylor 36), 21-Mohamed Diame, 32-Gary O'Neil, 7-Matthew Jarvis; 8-Andrew Carroll, 26-Joe Cole
Pelatih: Sam Allardyce

Tottenham: 25-Hugo Lloris; 5-Jan Vertonghen, 20-Michael Dawson, 28-Kyle Walker, 33-Steven Caulker; 7-Aaron Lennon, 8-Scott Parker, 11-Gareth Bale, 19-Mousa Dembele, 23-Lewis Holtby (22-Gylfi Sigurdsson 56); 10-Emmanuel Adebayor
Pelatih: Andre Villas-Boas

Wasit: Howard Webb

0 komentar:

Posting Komentar