Blog Archive

Rising Star 2012: Muda dan Berbahaya


AFPNeymar

KOMPAS.com - Kalender 2012 telah berganti. Sepanjang tahun 2012, telah muncul beberapa pemain muda berbakat yang siap menggebrak dunia. Tak hanya memiliki kualitas mumpuni, peran para pemain belia ini ternyata cukup besar bagi klub yang dibelanya.

Berikut beberapa pemain muda berkualitas sepanjang 2012 versi Kompas.com:

Thibaut Courtois (Atletico Madrid - 20 tahun)
Ditinggal David de Gea tak membuat gawang Atletico Madrid melemah. Sebab, muncul pemain pinjaman dari Chelsea, Thibaut Courtois, yang tampil apik di bawah mistar. Musim ini, gawang Atletico baru kebobolan 17 gol, paling sedikit kedua dibanding Malaga.

Steven Caulker (Tottenham Hotspur - 21 tahun)
Kematangan Steven Caulker saat musim lalu tampil reguler bersama Swansea City berbuah manis. Tottenham Hotspur memercayai Caulker mengawal lini belakang bersama William Gallas. Dua gol sudah dicetak Caulker yang merupakan jumlah terbanyak dibanding bek-bek Spurs lain.

Stephan El Shaarawy (AC Milan - 20 tahun)
Tak ada yang mengira Stephan El Shaarawy akan melejit. Tapi, faktanya memang demikian. Diplot sebagai pengganti Zlatan Ibrahimovic, El Shaarawy tampil sebagai top skorer sementara Serie-A dengan 14 gol. Performa Milan yang amburadul tertutup oleh aksi pemain Italia berdarah Mesir ini.

David Alaba (Bayern Muenchen - 20 tahun)
David Alaba meroket pada musim lalu saat tampil apik sebagai bek kiri Bayern Muenchen. Tak butuh waktu lama untuknya mendapat pengakuan. Tahun ini, Alaba dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Austria.

Isco (Malaga - 20 tahun)
Kreativitas tinggi disertai kemampuan baik dalam mencetak gol, menjadi nilai plus Francisco Roman Alarcon Suarez alias Isco. Total enam gol sudah dibuat Isco sepanjang musim ini, sekaligus mengantarkan Malaga ke papan atas Liga BBVA dan lolos ke babak 16 besar Liga Champions.

James Rodriguez (FC Porto - 20 tahun)
Takkan pernah habis talenta muda yang dimiliki FC Porto. Kini, muncul pemain Kolombia berusia 20 tahun, James Rodriguez. Selama dua setengah tahun di Porto, James sudah menceploskan 22 gol hanya di Liga ZON Sagres Portugal.

Raheem Sterling (Liverpool - 18 tahun)
Raheem Sterling menjadi pemain termuda Liverpool yang musim ini merasakan paling banyak pertandingan di segala ajang. Pada musim keduanya bersama The Reds, Sterling sudah mengemas 27 penampilan dengan satu gol di semua kompetisi.

Lucas Moura (Paris Saint-Germain - 20 tahun)
Lucas merupakan pemain muda termahal musim ini. PSG harus rela merogoh kocek 45 juta euro demi memboyong Lucas dari Sao Paulo. Sebuah harga yang tentu sangat berarti bagi Sao Paulo.

Marco Verratti (Paris Saint-Germain - 20 tahun)
Tak ada yang mengira Marco Verratti akan langsung menjadi pilihan utama di skuad Paris Saint-Germain. Pada usia 20 tahun, Verratti bisa menyingkirkan gelandang-gelandang lain yang lebih berpengalaman seperti Momo Sissoko dan Thiago Silva.

Neymar da Silva (Santos - 20 tahun)
Neymar da Silva tak hanya digembar-gemborkan sebagai calon pesepak bola terbaik di dunia. Prestasi di lapangan juga membuktikannya. Sepanjang 2012, Neymar telah membukukan 43 gol hanya dalam 47 penampilan bersama Santos di seluruh kompetisi. Catatan luar biasa untuk seorang pemain yang masih berusia 20 tahun.

Viktor Fischer (Ajax Amsterdam - 18 tahun)
Ajax Amsterdam kembali bakal mengorbitkan calon pemain berbakat. Kali ini, Viktor Fischer bisa menjadi komoditi kelas atas selain Christian Erikssen. Baru musim ini menjalani debut profesional, Fischer sudah dipercaya membela tim nasional Denmark pada November silam.

Mario Goetze (Borussia Dortmund - 20 tahun)
Pemain muda paling berbakat yang dimiliki Jerman. Masih berusia muda, Mario Goetze sudah menjadi andalan juara Bundesliga, Borussia Dortmund. Dalam tiga musim terakhir, Goetze selalu mencetak lebih dari enam gol di kompetisi lokal.

Eden Hazard (Chelsea - 21 tahun)
Pembelian berharga Chelsea pada musim panas silam. Kualitas Eden Hazard tak perlu diragukan lagi. Pada awal musim, daya magis Hazard sempat memberikan Chelsea hasil-hasil positif. Masa depan Chelsea bisa bergantung kepadanya.

Oscar (Chelsea - 21 tahun)
Chelsea memiliki calon pengganti sepadan Frank Lampard. Pemain asal Brasil, Oscar, bisa memerankan tugas seperti Lampard. Memiliki visi yang baik, serta insting gol tinggi, menjadi kelebihan mantan pemain Internacional itu.

Matija Nastasic (Manchester City - 19 tahun)
Awalnya, Matija Nastasic diboyong dari Fiorentina sebagai pelapis jika salah satu di antara Vincent Kompany atau Joleon Lescott absen. Namun, penampilan Nastasic ternyata memuaskan. City semakin memiliki variasi memilih duet di jantung pertahanan.

 

0 komentar:

Posting Komentar