Blog Archive

Ferguson Tidak Dilaporkan Dean


AFPWasit Mike Dean (kanan) mengesahkan gol kedua Newcastle United ke gawang Manchester United setelah berdiskusi dengan asistennya (kiri), pada laga Premier League melawan Manchester United, di Old Trafford, Rabu (26/12/2012).

LONDON, KOMPAS.com - Wasit Mike Dean diberitakan Sky Sports tidak melaporkan pelatih Manchester United (MU) Alex Ferguson atas tindakan memprotes keputusan Dean pada pertandingan Premier League melawan Newcastle United, di Old Trafford, Rabu (26/12/2012). Dengan begitu, Ferguson bebas dari kemungkinan terkena sanksi FA.

Pertandingan itu berakhir 4-3 untuk MU. Gol kedua Newcastle merupakan gol bunuh diri bek Jonny Evans pada menit ke-28. Bola masuk gawang setelah antisipasi yang dilakukan Evans terhadap bola hasil tendangan Danny Simpson.

Keputusan Dean mengesahkan gol bunuh diri Evans itulah yang diprotes Ferguson. karena sesaat setelah bola ditembakkan Simpson, asisten wasit Jake Collins mengangkat bendera tanda off-side untuk Papiss Cisse.

"Hakim garis dengan benar memberi tanda off-side karena Cisse berada dalam posisi off-side ketika umpan silang dilepaskan dan ia juga menarik tangan Evans. Jika (tindakan Cisse menarik tangan Evans) itu bukan intervensi, lantas apa yang disebut intervensi itu? Itulah hal yang saya sampaikan kepada Mike Dean," ujar Ferguson.

Menurut Sky Sports, Premier League telah membuat pernyataan mengenai kontroversi gol itu, yaitu bahwa Dean mengesahkan gol itu karena tidak ada kontak antara Cisse dan bola, sehingga dengan permainannya itu Cisse tidak melakukan intervensi. Selain itu, Cisse juga dinilai Premier League tidak mengintervensi lawan.

Sementara itu, pelatih Newcastle, Alan Pardew menilai tak ada yang salah dari keputusan Dean mengesahkan gol bunuh diri Evans itu.

"Saat itu, saya menilai itu adalah gol bunuh diri. Tak masalah siapa yang off-side. Ia (Cisse) bisa saja berada pada posisi off-side sampai sejarak 20 yard (sekitar 18 meter), jika bek itu (Evans) meloloskan bola ke gawang sendiri. Saya tak tahu apakah (Cisse) menyentuh bola sebelum (Evans), tetapi saya tak berpikir demikian. Saya tak melihat masalah dalam hal ini," ulas Pardew.

0 komentar:

Posting Komentar