Blog Archive

Ahmad Fuadi Lanjutkan "Negeri 5 Menara" dan "Ranah 3 Warna"


KOMPAS/RADITYA HELABUMIAhmad Fuadi

JAKARTA, KOMPAS.com -- Penulis Ahmad Fuadi (39) mengebut menyelesaikan novel triloginya sebelum pergi ke Italia. Rencananya, Fuadi bertolak ke Italia pada 20 Oktober untuk mengikuti beasiswa Rockefeller Foundation Bellagio Center.

"Lumayan, sudah dapat 100.000 kata lebih. Judulnya belum tahu, yang pasti ada angka 1-nya," ujar Fuadi. Dua novel sebelumnya, Negeri 5 Menara dan Ranah 3 Warna, menjadi best seller.

Mengapa judulnya harus ada angkanya, ya? "Dulu saya mencari judul yang catchy yang bisa menarik perhatian. Kemudian muncul ide memberi judul dengan angka di tengah," ujar Fuadi.

Angka yang menarik perhatian, tetapi juga mempunyai makna. "Novel pertama, 5 berarti persahabatan lima orang, kemudian angka 3 menggambarkan perjalanan ke tiga negara. Nah, untuk yang ketiga ini menceritakan Alif di masa bekerja, jadi angka 1 bisa bermakna pencarian utama dari seorang Alif," cerita Fuadi.

Setelah selesai menulis novel, biasanya Fuadi akan meminta bantuan istrinya, Danya Dewanti yang akrab disapa Yayi. "Seperti biasanya, istri saya akan membaca novel ini. Dia juga ikut memilih nama tokohnya lho, terutama tokoh istri Alif," ujar Fuadi yang masih merahasiakan nama istri Alif dalam novel ketiganya.

Fuadi mengatakan, istrinya juga akan mendampingi dirinya ke Italia sehingga novel ketiganya itu pun menjadi "pekerjaan rumah" bagi Yayi. "Dia juga mau kursus masakan Italia, tuh," ujarnya. (SIE)

0 komentar:

Posting Komentar