Blog Archive

Meet The Labels: Sebagian ke Penyanyi, Sebagian Tetap ke Band

JAKARTA, KOMPAS.com -- Pencarian bakat bermusik Meet The Labels kembali digelar sesudah dua kali penyelenggaraannya, pada 2011 dan 2012, dinilai berhasil. Untuk kali ini, pencarian bakat dilakukan oleh lima perusahaan rekaman--Alfa Records, e-Motion, Seven Music, Universal Music, dan Warner Music. Sebagian menyasar ke artis musik solo alias penyanyi solo, sebagian lagi tetap ke band, sesuai kebutuhan.

"Kami lagi butuh solois, karena band sudah banyak," ujar perwakilan Warner Music, Ari Legowo, dalam jumpa pers di Lot 8, SCBD, Jakarta, Rabu (28/8/2013).

Menurut pihak label tersebut, saat ini jumlah vokalis solo masih kurang dibandingkan dengan band yang telah mereka naungi. Sementara itu, label-label lainnya tidak mematok untuk mencari penyanyi solo saja.

"Bebas, bisa solo atau band, yang penting punya karakter," kata Igbal Siregar dari e-Motion. "Kalau kami, tergantung lagunya sih. Mau solois atau band sama aja, asal lagunya yang diterima di pasaran," terang Fajar Aryadi dari Universal Music. "Jadi, kami butuh solois juga, tapi kalau ada band yang memiliki faktor X itu ya kami mau juga," ucap Aldi Landu dari Alfa Records.

Di luar kebutuhan label-label rekaman tersebut, Nation Promotion PT Djarum, Sigit Diopsaputra, selaku penyelenggara Meet The Labels, tak menampik bahwa ajang tersebut masih menjadi magnet bagi band-band yang ingin mengejar mimpi.

"Sampai saat ini yang ngirim kebanyakan masih band dibanding solois. Persentasinya adalah 80 persen band dan 20 persen untuk duo dan solo," ucap Diop. "Karena, band yang lebih sering ikut kompetisi, kalau solois mungkin masih malu-malu kali ya. Padahal, di Indonesia itu enggak kalah lho penyanyi-penyanyinya dengan penyanyi-penyanyi luar," timpal Iqbal.

Pendaftaran Meet The Labels 2013 dibuka dari Juni hingga September 2013. Diklaim, jumlah pendaftarnya sudah mencapai 1.000.

"Nanti kami sortir sampai 150 peserta untuk penyaringan pertama. Kemudian, disortir bersama label dan akan keluar 50, dan akhirnya jadi 10, dan akan mendapat vote dari publik saat mereka tampil di depan publik di Bali akhir November 2013," jelas Diop.

0 komentar:

Posting Komentar